Muslimat NU Lakukan Optimalisasi Germas dan Pencegahan Stunting

Kamis, Agustus 29th 2019. | Daerah, Kesehatan, Lembaga, Masyarakat, Sosial

Jawapes.co.id, Banyumas – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama melakukan upaya optimalisasi Germas dan penurunan stunting melalui kegiatan orientasi pada Rabu (28/8) di Hotel Grand Karlita Purwokerto. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta dari Pondok Pesantren dan Majelis Taklim yang merupakan hasil kerja sama dengan Kementerian Kesehatan dalam rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari berturut yaitu mulai hari Selasa hingga Kamis (27, 28, 29 Agustus 2019) di Kabupaten Banyumas.

Wakil Ketua IV PP Muslimat NU Siti Aniroh Yusuf Efendi mengatakan, sasaran Germas adalah pondok pesantren dan majelis taklim yang meningkat ke arah orientasi dan mobilisasi gerakan. Menurutnya, penggalangan kemitraan dan partisipasi masyarakat dalam gerakan untuk mewujudkan hidup sehat dan pencegahan stunting sangatlah penting agar masyarakat menjalani pola hidup dengan gerakan hidup sehat.

” Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat khususnya, Kabupaten Banyumas dan Indonesia sadar akan pentingnya cara hidup sehat dan sadar untuk bersama – sama mencegah stunting untuk menciptakan generasi penenrus yang lebih baik dan sehat “, katanya.

Saat pembukaan acara, Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Huesin mengajak kepada pengurus NU, majelis taklim dan pondok pesantren untuk bersama sama menjadi penggerak masyarakat guna mewujudkan pola hidup sehat dan pencegahan stunting. Mengingat anggota NU tersebar sampai pelosok, maka yang hadir setelah mendapat ilmu harus ditularkan, agar terwujud masyarakat yang sehat dan terhindar dari stunting.

Menurut Bupati, pola hidup sehat harus dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Untuk menjadi sehat awalnya dari makanan yang dinikmati, maka bupati mengajak agar tidak hanya mengejar kenikmatan tetapi harus memperhatikan dampak makanan terhadap tubuh, tuturnya.

” Biasakan anak – anak kita makan makanan yang sehat dan seimbang, stunting ditimbulkan bukan saja karena kurang makan akan tetapi karena makanan yang tidak sehat “, imbuhnya. (Cpt)

Sharing is caring!

Related For Muslimat NU Lakukan Optimalisasi Germas dan Pencegahan Stunting