Tomi Alias Buyung Resmi Laporkan Akun Facebook Waiz Alqorni Teruna Jaya ke Polres Tanggamus

Rabu, Agustus 28th 2019. | Daerah, Hukum, Polisi

Jawapes.co.id, Tanggamus – Tomi Andre alias buyung melaporkan akun Facebook dengan nama Waiz Alqorni Teruna Jaya ke Polres Tanggamus atas dugaan pencemaran nama baik dan Undang Undang ITE melalui Media Sosial Facebook, Selasa (27/08/19).

Pelaporan tercatat dengan nomor LP/ B/ 948/ VIII/ 2019/ LPG/ RES TGMS pada 27 Agustus 2019.

“Pelaporan atas dugaan melakukan tindak pidana pencemaran nama baik melalui media sosial Facebook,” ujar Tomi

Akun tersebut, kata Tomi, mengunggah gambar saya. Gambar tersebut kemudian ditulis dengan keterangan ”Tolong siapa yg melihat keberadaan orang ni tlpon ya ke no. 0823 7626 4142.. Di karna kan dia sdng burunan,”.

Tomi mengatakan, unggahan gambar itu dinilai merugikannya. Pemilik akun itu dilaporkan atas dugaan melanggar Pasal 27 ayat (3) UU ITE :
Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik

Ancaman pidana jika melanggar Pasal 27 ayat (3) UU ITE tersebut diatur dalam Pasal 45 ayat (3) UU 19/2016, yakni:

Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).

“Kami minta kepolisian Polres Tanggamus segera bertindak cepat memproses hukum terhadap pemilik akun facebook tersebut dan saya menghimbau pada seluruh pengguna media sosial agar menjaga etika sehingga tidak menimbulkan masalah hukum,” tutur Tomi(ady)

Sharing is caring!

Related For Tomi Alias Buyung Resmi Laporkan Akun Facebook Waiz Alqorni Teruna Jaya ke Polres Tanggamus