Komnas Anak Banjarnegara Apresiasikan Vonis Predator Anak Mojokerto

Selasa, Agustus 27th 2019. | Hukum, Pelayanan, Pendidikan, Sosial

Jawapes.co.id, Banjarnegara -Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) mengapresiasi putusan Pengadilan Negeri (PN) yang diperkuat oleh Pengadilan Tinggi Surabaya Jawa Timur yang menjatuhkan hukuman kebiri (kastrasi) terhadap M. Aris selaku pelaku predator anak.

” Putusan Pengadilan Negeri (PN) Mojokerto yang diperkuat pada tingkat banding oleh Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya dengan menjatuhkan hukuman kebiri (kastrasi) kimia kepada M. Aris pelaku kejahatan seksual terhadap 9 anak di Mojokerjo patut diberikan apresiasi “, kata Ketua Komnas PA Banjarnegara Harmono SH,MM,CLA dalam keteranganya dikantor pada Senin (26/8).

Selain itu, putusan ini juga layak mendapat penghargaan yang setinggi – tingginya oleh semua pihak, khususnya para pegiat perlindungan anak di Indonesia. Menurutnya , Aris merupakan predator seksual yang telah memperkosa 9 anak di bawah umur alias Pedofil di daerah Mojokerto sejak tahun 2015. Aksi bejat pemuda tukang las berusia 20 tahun ini berakhir pada tanggal 26 Oktober 2018, imbuh Harmono SH.

Hukuman kebiri kimia kepada pelaku ini merupakan kali pertama yang digunakan dalam peradilan di Indonesia sejak pengesahan UU NO.17 tahun 2016 yang merupakan penetapan atas Perpu nomor 1 tahun 2016 mengenai perubahan kedua UU No.23 tahun 2002 tentang perlindungan anak pada tanggal 9 November 2016.
Undang – Undang ini mengatur penambahan hukuman bagi pelaku kejahatan seksual yakni Kebiri lewat suntik kimia atau dikenal dengan ” kastrasi “, beberapa diantaranya juga diganjar dengan penjara seumur hidup, hukuman mati, kebiri kimia dan pengungkapan identitas pelaku hingga pemasangan alat deteksi elektronik.

Dalam perkara ini Aris (pelaku) divonis karena melanggar pasal 76D junto pasal 81 ayat (2) UU Nomor : 01 tahun 2016 menjatuhkan pidana tambahan berupa kebiri kimia kepada terdakwa. Berdasarkan hasil dari penelusuran Komnas Perlindungan Anak, selain menerima hukuman kebiri kimia, Pengadilan Tinggi Surabaya juga mengabulkan hukuman selain yang ditetapkan oleh Pengadilan Negeri Mojokerto berupa pidana penjara 12 tahun dan denda sebesar Rp. 100.000.000 subsider enam bulan kurungan. (Ard)

Related For Komnas Anak Banjarnegara Apresiasikan Vonis Predator Anak Mojokerto