Pemkab Sampang Gelar Musrenbang RKPD 2022 Dan Perubahan RPJMD 2019-2024

Kamis, Maret 25th 2021. | Uncategorized

Jawapes.co.id, Sampang – Mempercepat pembangunan yang tepat, merata dan terarah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang Jawa timur melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) setempat, sukses menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 dan Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sampang tahun 2019-2024.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sampang, Anggota DPRD Kabupaten Sampang, Bakorwil IV Pamekasan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Sampang, Ketua TP PKK Kabupaten Sampang, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sampang, Camat se-kabupaten Sampang, TP2D Kabupaten Sampang, Pimpinan BUMD Kabupaten Sampang, Akademisi, organisasi kepemudaan, Ormas, LSM, Asosiasi Profesi. Acara tersebut juga digelar melalui daring.

Sekretaris Bappelitbangda Sampang, Abdul Rachman menuturkan, dasar hukum pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Sampang tahun 2022 tersebut antara lain didasarkan Undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, dan Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata-tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.
“Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk membahas rancangan RKPD Kabupaten Sampang tahun 2022, rancangan perubahan RPJMD Kabupaten Sampang tahun 2019-2024. Selain itu bertujuan menyepakati prioritas dan arah kebijakan pembangunan jangka menengah, serta menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi,” paparnya.


Sementara mewakili Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur, Bobby Soemarsono, Kepala Bakorwil IV Madura, Alwi dalam sambutannya berharap agar memprioritaskan sesuai arahan Presiden RI yang disampaikan oleh Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional / Bappenas yang akan mulai Kick Off Meeting RKP 2022.
Selain itu pihaknya menyampaikan, untuk fokus arahan Rencana Pembangunn Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sampang 2022 terdapat 7 Prioritas, yaitu di antaranya Pengembangan Sektor unggulan (Jasa Pendidikan), Sektor potensial (Pertanian, kehutanan, dan Perikanan, Pertambangan dan Penggalian, Administrasi Pemerintahan, Pertanahan dan Jaminan Sosial Wajib), Peningkatan Aksebilitas dan Konektivitas, Peningkatan Akses layanan Infrastruktur dasar (Air minum, sanitasi dan hunian layak), Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan layanan kesehatan, 6. Mitigasi dan Kesiapsiagaan bencana (Banjir kali Kamoning), dan Peningkatan Kerjasama antar Daerah.


“Evaluasi capaian pembangunan yang di representasikan melalui Indikator Kinerja Utama RPJMD Provinsi Jawa Timur 2019-2024, serta prioritas pembangunan Provinsi Jawa Timur tahun 2020 yang dapat dipergunakan sebagai acuan dan mengintegrasikan program-program pembangunan di daerah seperti di antaranya Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Timur yang meningkat,” paparnya.


Maka dari itu, Provinsi Jawa Timur siap bersinergi melalui visi dan misi 9 program (Nawa Bhakti Satya). Sehingga diharapkan Musrenbang Kabupaten Sampang mengedepankan prinsip-prinsip yang mendorong tercapainya keserasian, efektifitas, dan efisiensi pemanfaatan sumber pendanaan pembangunan daerah.


Sementara Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi dalam Sambutannya mengaku Optimis Pembangunan di Sampang akan lebih cepat, lebih baik, Khsusunya mencapai kesejahteraan seluruh Masyarakat menuju Sampang hebat bermartabat, sesuai RPJMD Kabupaten Sampang yang di sepakati bersama, antara Eksekutif dan Legislatif serta Segenap Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sampang.(on1)

Related For Pemkab Sampang Gelar Musrenbang RKPD 2022 Dan Perubahan RPJMD 2019-2024