Kacau, Pemda Sampang Tutup Mata Uang Miliaran Raib di BUMD PT GSM-PT SMP

Senin, Januari 25th 2021. | Uncategorized

Jawapes.co.id, Sampang –  Aliran dana dalam pengelolaan keuangan di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Sampang, senilai miliaran rupiah raib entah kemana?

Hal itu didasarkan pada  temuan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada 2017-2020 yang menunjukan neraca keuangan pelaporan piutang terafiliasi antara PT Geliat Sampang Mandiri (PT GSM) selaku holding company kepada PT Sampang Mandiri Perkasa (PT SMP) sebagai anak perusahannya.

Dalam temuan BPK disebutkan bahwa pelaporan keuangan terkait piutang terafiliasi pada 2019 lalu, antara PT GSM dan PT SMP tidak sama alias ada perbedaan nominal .

PT GSM melaporkan hutang afiliasi kepada PT SMP senilai kurang lebih Rp 815.044.177, sedangkan PT SMP melaporkan piutang lain-lain pihak berelasi atau tagihan kepada PT GSM senilai Rp 1.835.044.177, sehingga terdapat selisih sebesar kurang lebih senilai Rp 1.020.000.000 yang raib tanpa pelaporan keuangan. Namun begitu, pemerintah Kabupaten Sampang, tampak tutup mata bahkan terkesan tidak mau tahu persoalan tersebut.

Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Pemkab Sampang, Juwaini saat dikonfirmasi  mengaku, semua penyelesaian keuangan diserahkan kepada PT GSM selaku holding company. Pihaknya hanya meminta progres pelaporannya yang kemudian ditindak lanjuti kepada BPK.

“Kami hanya pembina, semua anak perusahaan semuanya diselesaikan oleh PT GSM selaku holding. Kami tidak bisa masuk, tapi kami hanya memberikan arahan. Sedangkan masa penyelesainnya harus diselesaikan selama 2 bulan ke depan dari dikeluarkannya LHP BPK,” ucapnya.

Hal yang sama juga dilontarkan pihak Inspektorat Sampang sebagai pihak pengawas di internal pemerintahan Sampang, yang menyatakan hanya sebagai fasilitator dalam menyikapi temuan di LHP BPK

“Kami hanya memfasilitasi laporan dari GSM. Jika ada kesulitan bisa langsung komunikasi sendiri ke BPK,” kata Inspektur Inspektorat Sampang, Moh Amirudin.
(25/1/2021).

Selain itu, pihaknya menyampaikan bahwa sejumlah rekomendasi sudah diselesaikan oleh PT GSM. Bahkan pihaknya menyatakan, upaya penyelesaian yang dilakukan oleh pihak PT GSM berlanjut hingga Agustus 2021 mendatang.

“Penyelesaian berkenaan dengan administrasi dan tidak ada sanksi,” terangnya. (Tim/Red)

Sharing is caring!

Related For Kacau, Pemda Sampang Tutup Mata Uang Miliaran Raib di BUMD PT GSM-PT SMP