Rayakan Hari Jadi Dengan Sederhana, Bupati dan Wakil Bupati Ziarah ke Makam Rato Ebuh

Rabu, Desember 23rd 2020. | Uncategorized

Jawapes.co.id, Sampang –Bupati Sampang H Slamet Junaidi bersama Wakil Bupati H Abdullah Hidayat menggelar tahlil dan doa bersama dalam memperingati Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Sampang ke-397, di Makam Rato Ebu yang berada di Kampung Madegan, Jalan Mangkubumi, Kelurahan Polagan, Kecamatan Sampang, Rabu, 23 Desember 2020.

Puncak rangakaian Harjad Kabupaten Sampang ke-397, dengan berziarah ke lokasi makam keramat itu dihadiri Forkopimda, jajaran OPD dan tokoh agama. Kegiatan ziarah ini diawali dengan pembacaan tahlil dan doa bersama di makam leluhur dan selanjutnya, Bupati Sampang H Slamet Junaidi didampingi Wakil Bupati Sampang H Abdullah Hidayat bersama Forkopimda melakukan tabur bunga di atas makam Bupati Sampang pertama periode 1950-1952 RT. Moh Iksan dan makam Ratu Ibu.

Bupati Sampang H Slamet Junaidi menyampaikan, agenda saat ini yaitu nyekar serta menggelar doa dan tahlil bersama ke makam leluhur guna mengenang jasa-jasa pemimpin terdahulu. Orang nomor satu ini juga menyampaikan,  ziarah ke makam leluhur tersebut merupakan tradisi dan perlu dilakukan setiap tahun saat memperingati hari jadi Kabupaten Sampang.
“Dengan nyekar ini, kita semua bisa mengambil hikmahnya. Bahkan saya mengimbau kepada seluruhnya untuk mengenang jasa-jasa beliau, mengenang perjuangan mereka,” ujarnya.

Selain itu, H Slamet Junaidi menyampaikan, untuk tetap menjaga kearifan lokal, pihaknya mengintruksikan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayahnya untuk berbahasa Madura serta mengenakan baju adat Sakera dan Marlena, supaya dapat mengingat kembali bagaimana Kabupaten Sampang dilahirkan.
“Tujuan kami tidak lain untuk membangun Sampang ke depan,” pungkasnya. (On1)

Related For Rayakan Hari Jadi Dengan Sederhana, Bupati dan Wakil Bupati Ziarah ke Makam Rato Ebuh