Kabupaten Tulungagung Akan Dipastikan Punya Bupati Baru

Jumat, Agustus 16th 2019. | Daerah, Pemerintah

Jawapes.co.id, Tulungagung – Kabupaten Tulungagung hari ini dipastikan memiliki Bupati baru pasca gelombang skandal korupsi yang menjerat bupati sebelumnya Syahri Mulyo. Gubernur Jawa Timur dijadwalkan melantik Wakil Bupati Maryoto Birowo menjadi bupati definitif.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Tulungagung Sudarmaji mengatakan, sesuai jadwal yang telah ditetapkan, pelantikan Bupati Tulungagung sisa masa jabatan 2018-2023 akan dilangsungkan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (13/8/2019) siang.

“Insyaallah pelantikan nanti pukul 15.00 WIB,” kata Sudarmaji.

Dalam pelantikan nantinya, Kemendagri sekaligus memberhentikan dengan hormat Maryoto Birowo dari jabatan yang diemban sebelumnya sebagai wakil bupati Tulungagung.

“Setelah pelantikan bupati, nantinya akan dilanjutkan agenda pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK serta Ketua Dekranasda Tulungagung,” ujarnya.

Proses pelantikan penggantian Bupati Tulungagung ini merupakan dampak dari kasus korupsi yang menjerat Bupati Syahri Mulyo. Syahri ditetapkan KPK sebagai tersangka pada saat masa kampanye Pilkada 2018.

Syahri Mulyo akhirnya dilantik sebagai Bupati Tulungagung di kantor Kemendagri pada Selasa (25/9/2018) oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Kasus korupsi itu pun akhirnya bergulir hingga pengadilan dan Syahri Mulyo divonis 10 tahun penjara dan denda Rp 700 juta oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya. Selain itu, hak politik Syahri dicabut dalam kurun waktu lima tahun.

“Sekarang perkaranya sudah berkekuatan hukum tetap sehingga, sesuai dengan aturan, wakil bupati diangkat sebagai bupati untuk meneruskan sisa masa jabatan,” kata Sudarmaji.(Rul)

Sharing is caring!

Related For Kabupaten Tulungagung Akan Dipastikan Punya Bupati Baru