Madura, Sebuah Destinasi Wisata di Sebelah Utara Surabaya

Selasa, Oktober 15th 2019. | Kebudayaan

Apa yang pertama kali terbayang dalam pikiran kita saat mendengar sebutan pulau madura, tentunya jamu madura bukan…? Walau dalam beberapa aspek pecinta kuliner dan jajanan khas nasional lebih mengenal sate madura. Namun, tidak bisa dipungkiri, jamu herbal madura menjadi daya tarik dan mempunyai pangsa pasar tersendiri dikalangan masyarakat Indonesia.

Hal ini wajar, karena jamu madura atau ramuan madura asli merupakan ramuan herbal alami yang telah terbukti membantu menambah keharmonisan rumah tangga pasangan suami istri.

Madura, disamping sebagai sentra jamu dan ramuan madura, pulau garam ini dikenal pula dengan tempat wisata yang tidak kalah cantiknya dengan daerah-daerah lain. Walau sekilas, pulau madura terbilang lebih kecil jika dibandingkan dengan pulau bali, destinati wisata di madura menjadi perbincangan di kalangan netizen baru-baru ini. Sebut saja pantai gili labak sumenep yang mempunyai pasir pantai putih dan masih alami serta belum terjamah oleh polusi.

Bagi masyarakat lokal, mungkin pantai slopeng, lombang, dan siring kemuning sudah sering didengar, namun di samping pantai-pantai tersebut, masih banyak destinasi wisata di madura yang terbentang dari kabupaten bangkalan sampai kabupaten sumenep.

Sebenarnya, banyak aspek yang perlu digali dari pulau garam ini. Mulai dari adat istiadat, kultur masyarakat yang agamis, wisata religi, kuliner dan jajanannya yang khas serta tidak kalah menarik adalah ramuan madura.

Baca juga : Ramuan Madura untuk Wanita

Batik madura, carok madura, kerapan sapi, jamu ramuan madura, destinasi wisata pantai dan religi di madura dan kuliner khas madura adalah hal-hal yang dianggap penting untuk diketahui tentang pulau madura ini. Yang nantinya akan diurai pada tulisan selanjutnya.

tags: , , ,

Related For Madura, Sebuah Destinasi Wisata di Sebelah Utara Surabaya