semarak Festival Ronthek Kabupaten Pacitan 2019

Minggu, September 15th 2019. | Kebudayaan, Kesenian, Masyarakat, Pelayanan, Pemerintah

Jawapes.co.id, Pacitan_Seni tradisional Pacitan kembali di gelar Festival Rondha Thethek (Rontek) dalam rangkaian penutup HUT RI ke 74 tahun 2019, acara yang di laksanakan dari tanggal 12 hingga 14 September tersebut di ikuti 36 tim 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pacitan. Mereka akan unjuk kebolehan dengan menampilkan kreasi budaya dan seni musik dari bambu.

Festival Ronthek merupakan agenda rutin tahunan yang selalu digelar, Ada puluhan peserta dari desa di Kecamatan Pacitan dan perwakilan kecamatan lain akan mempertontonkan seni tetabuhan tradisional buah kearifan lokal masyarakat, Sabtu (14/9/2019)

“Festival Ronthek digelar sebagai penutup rangkaian acara HUT Kemerdekaan RI ke-74, Serta untuk menguri-uri budaya tradisional agar tidak punah dan terus lestari,” ujar Daryono Ketua Panitia saat upacara pembukaan.

Lebih lanjut Daryono menambahkan, selain sebagai upaya melestarikan budaya tradisional, festival juga ditujukan untuk meningkatkan kepedulian pada kesenian daerah, khususnya seni ronthek. Sebuah seni perkusi khas masyarakat kota berjuluk Paradise of Java yang kerap digelar sepanjang bulan suci Ramadan.

“Tujuan awalnya adalah untuk membangunkan warga bersahur. Tetapi dalam perkembangannya, melalui campur tangan para pelaku seni, ronthek berkembang menjadi satu ikon budaya. Ditandai dengan parade penampilan saat berlangsungnya festival,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Pacitan tersebut.

Pembukaan event wisata akbar tersebut dibuka oleh Bupati Indartato bersama-sama dengan jajaran Forkopimda. Secara bersama-sama mereka memukul kentongan bambu sebagai tanda di mulainya Festival Ronthek Pacitan 2019.

Untuk diketahui, Ronthek ini sendiri pertama kali digelar tahun 2011. Sejak tahun itu, setiap tahun digelar Pemkab Pacitan untuk menyemarakkan suasana bulan Ramadhan, sebelum kemudian dipindah jadwal tampil di bulan Agustus

Adapun rute kegiatan dimulai dari Tugu Pacitan 0 Km, depan SMPN 1 Pacitan. Kemudian bergerak ke timur sebelum finish di seputaran pertigaan Tanjungsari.
(Nonot)

Sharing is caring!

Related For semarak Festival Ronthek Kabupaten Pacitan 2019