Pemdes Ngumpul Menyambut Bulan Muharam Dengan Ziarah Ke Makam Para Pendiri Desa

Minggu, September 15th 2019. | Masyarakat, Religi

JAWAPES.CO ID,PONOROGO – Dalam rangka mengenang sejarah dan sebagai ungkapan rasa terimakasih kepada para leluhur yang telah melakukan babat Desa Ngumpul, pada acara suran atau dalam rangka menyambut datangnya bulan Muharam, Pemerintah Desa Ngumpul, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo beserta seluruh lembaga desa, pada hari sabti, 07/09/2019, melakikan serangkaian kegiatan ziarah makam para tokoh-tokoh pendiri atau yang babat Desa Numpul.

Acara yang diawali berangkat dari Balai Desa Ngumpul secara bersama-sama menuju ke makam Mbah Troyuda di Dukuh Bobrok, kemudian diteruskan kemakam-makam yang lain, diantaranya makam Mbah Eko Dongso dan Mbah Eko Drono di Dukuh Wotan, makam Mbah Menggung dan makam Mbah Mandiman di Dukuh Sobo, makam Kyai Bahri di Dukuh Krajan dan makam Mbah Jogo Satru di Dukuh Ngumpul lor. Pada acara ini para peziarah berdoa bersama mendo’akan para leluhur yang telah babat Desa Ngumpul.

Pada malamnya didakan pengajian akbar dan do’a bersama yang diadakan di Balai Desa Ngumpul, dengan penceramah Kyai Imam Sukadi dari Ponorogo. Dengan dihadiri oleh jajaran Muspika Kecamatan Balong, Kepala Desa Ngumpul beserta perangkatya, lembaga desa dan masyarakat Desa Ngumpul.

Dengan adanya kegiatan tersebut Kepala Desa Ngumpul, Eko Budi Wiyono SE. berharap kepada masyarakat untuk tidak melupakan dan selalu mendoakan para leluhur. Beliau juga mengajak kepada seluruh warga Desa Ngumpul untuk selalu menjaga kerukunan dan kekompakan seperti yang telah dicontohkan oleh para leluhur untuk mewujudkan terbentuknya Desa Ngumpul, agar tercapai masyarakat Desa Ngumpul yang bersatu dan ayem tentrem. (Gst)

Sharing is caring!

Related For Pemdes Ngumpul Menyambut Bulan Muharam Dengan Ziarah Ke Makam Para Pendiri Desa