Festival Kirab Budaya Dan Sedekah Bumi Sebagai Puncak Acara HUT RI Dan Menyambut Bulan Muharam Di Desa Jonggol.

Minggu, September 15th 2019. | DESA, Masyarakat, Pelayanan, Pemerintah, Religi

JAWAPES.CO.ID,PONOROGO -Berbagai kegiatan telah digelar oleh pemerintah Desa Jonggol, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, bersama masyarakat, dalam rangka peringatan HUT kemerdekaan RI dan menyambut datangnya bulan Muharam, tahun hijriah

Sebagai puncak acara pada hari sabtu, 07/09/2019 Pemerintah Desa Jonggol bersama seluruh elemen masyarakat, beserta 7 organisasi pencak silat dan bela diri yang ada di Desa Jonggol, juga POKDARWIS menggelar kirab budaya yang diberangkatkan dari halaman balai desa, keliking Desa Jonggol dan berakhir kembali ke halaman Desa Jonggol lagi. Malamnya digelar lomba karawitan antar paguyuban seni karawitan yang ada di Desa Jonggol. Disela-sela kegiatan tersebut diadakan acara sedekah bumi dan tumpeng purak, yang diadakan oleh Pemerintah Desa Jonggol. Pada acara sedekah bumi dan tumpeng purak ini ditandai dengan disedekahkannya kepada warga masyarakat, sebayak seribu nasi bungkus dan tujupuluh empat tumpeng ( panggang ayam ).

Disampakan oleh Kepala Desa Jonggol, Supriyadi, bahwa dengan 74 tumpeng ( panggang ayam ) bermakna 74 tahun Indonesia Merdeka. Sementara dengan 1000 nasi bungkus dimaknai dengan 1000 tujuan baik pemerintah dan masyarakat desa jonggol untuk kemajuan dan pembangunan Desa Jonggol. Jadi dengan sedekah bumi dan tumpeng purak yang dimaksutkan tersebut bermakna, setelah 74 tahun Indonesia merdeka diharapkan semua jalan, semua tujuan, senua harapan pemerintah dan masyarakat untuk kemajuan Desa Jonggol bisa terwujudkan

Diharapkan oleh Suriyadi selaku Kepala Desa Jonggol, momen persatuan, kebersamaan, kekompakan, guyub-rukun dan gotong-royong seperti itu, tetap terjaga. Sehingga bisa untuk meningkatkan, pembangunan dan kemaju Desa Jonggol, untuk mencapai harapan Desa Jonggol yang makmur sejahtera dan guyub-rukun. (Gst)

Sharing is caring!

Related For Festival Kirab Budaya Dan Sedekah Bumi Sebagai Puncak Acara HUT RI Dan Menyambut Bulan Muharam Di Desa Jonggol.