Oknum Guru SMPN 3 Pematang Sawa Halangi Wartawan Meliput

Sabtu, Agustus 10th 2019. | Pendidikan

Jawapes.co.id, Tanggamus – Adanya informasi keluhan dari wali murid tentang sekolah SMPN 3 Pematang Sawa di Pekon Karang Brak Kecamatan Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus mengenai kekurangan tenaga pengajar serta perbaikan gedung karena banyak plafon yang sudah rusak membuat awak media Jawapes mendatangi sekolah tersebut, Kamis (08/08/19) pukul 11:00 WIB.

Namun kehadirannya yang hendak meliput kondisi tersebut dihalangi oleh Ival selaku Wakil Kepala Sekolah dengan alasan Kepala Sekolah tidak ada di tempat.

“Dulu pernah sekolah ini diberitakan tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Jadi belajar dari kejadian itu setiap pemberitaan harus izin dulu ke Kepala Sekolah, jika ya kita akan ijin dan jika tidak kamipun tidak bisa,” terang Ival.

Walau sudah dijelaskan tentang ancaman pidana bagi yang menghalangi wartawan untuk meliput, Ival yang juga sebagai guru IPA kelas 7 dan 8 masih tetap tidak membolehkan meliput.

“Wartawan harian Detik yang akan ambil gambar di lokasi juga tidak diijinkan jika tidak ada persetujuan. Jika ingin meliput silahkan setiap minggu kami ada Rakor di KUPT, jadi disana aja kalau mau wawancara,” tegas Ival.

Menanggapi wartawannya dilarang melakukan liputan, Pimpinan Redaksi Media Jawapes, Rizal Diansyah Soesanto mengecam tindakan tersebut.

“Wartawan berhak meliput sebuah peristiwa berdasarkan ketentuan pasal 4 dan pasal 6 UU Pers. Kalau ada pelarangan peliputan terhadap wartawan, maka yang melarang berpotensi melanggar UU Pers,” jelas Rizal.

Kata Rizal, pelarangan terhadap wartawan dengan alasan yang tak jelas, bisa dikenakan sanksi sesuai Undang-Undang Pers. Mulai dari sanksi pidana penjara, hingga denda. Menurut dia, Wakil Kepala Sekolah atau atasannya bisa dilaporkan secara pidana, karena diduga kuat melanggar UU Pers.

“Kedatangan awak media Jawapes, untuk mengkonfirmasi adanya informasi pengaduan dari wali murid sehingga berita yang akan dimuat dapat berimbang. Bahkan ketika ditanya walaupun sudah ada izin dari Kepala Dinas Pendidikan Tanggamus tetap harus ada izin/pemberitahuan dari KUPT,” tutup Rizal. (Ady/Iyan)

Related For Oknum Guru SMPN 3 Pematang Sawa Halangi Wartawan Meliput